Fakta Mengenai Anjing Dachshund

Anjing dachshund sering dikenal sebagai ras anjing yang penurut dan sangat lucu di kalangan pecinta anjing. Anjing ini memiliki julukan lain yakni anjing tekel. Anjing tekel merupakan ras jenis anjing yang berasal dari Jerman. Kata dachshund memiliki arti badger dog yang berarti anjing luak. Anjing tekel memiliki kelebihan yang sangat menguntungkan terutama dalam hal penciuman yang cukup tajam. Anjin tekel memiliki tubuh yang kecil, pendek tapi panjang. Bahkan anjing tekel bisa dikategorikan dalam tiga jenis berdasarkan ukurannya, yakni anjing tekel standar, anjing tekel miniatur, dan anjing tekel kaninchen (kelinci). Anjing tekel juga bisa dibedakan dari panjang bulu atau rambutnya. Antara anjing tekel berbulu halus dan wirehead (berbulu panjang). Mini Goldendoodle telah membuat deskripsi fakta mengenai anjing tekel di bawah ini, antara lain:

  1. Sejarah

Nenek moyang dari anjing tekel berasal dari Jerman. Dachshund dan Basset Hound berasal dari nenek moyang yang sama. Namun walaupun keduanya berasal dari nenek moyang yang sama, Dachshund memiliki kepribadian yang sangat berani dan tidak segan untuk langsung menyerang hewan lain yang memiliki tubuh yang lebih besar darinya. Anjing ini memiliki keahlian dalam menerobos lorong-lorong bawah tanah. Karena tubuhnya yang cocok ini mereka sering menerobos tempat yang cukup kecil dan bisa melaluinya dnegan mudah. Anjing ini juga dikenal senang sekali untuk menangkap tikus. Anjing tekel sering digunakan polisi Indonesia dalam hal penyelidikan obat terlarang. Di sisi lain anjing tekel memiliki julukan yang cukup unik, yakni anjing sosis. Julukan ini ada pada anjing tekel karena memang tubuhnya yang panjang dan mirip dengan sosis.

  • Ukuran

Karena ukuran anjing tekel dibagi menjadi dua kategori yakni standard dan miniatur. Anjing tekel memiliki tubuh 2 kali lebih panjang dari tingi badannya. Untuk anjing jantan tinggi sekitar 9-11 in dengan berat badan paling maksimal 7,5 kg. Untuk betina memiliki tinggi sekitar 8-9 in dengan berat badan sekitar 6-7 kg. Warna bulu biasanya black and tan, red and tan, red, brown sable, grey, dan daple. Kebanyakan warna anjing tekel sering yang sering ditemukan adalah white daple dengan mata berwarna biru.

Informasi di atas dapat memudahkan pecinta anjing untuk bisa lebih mengenal anjing tekel.